Jumat

TIP KESEHATAN

DIABETES
GEJALA DAN CARA PENCEGAHAN
Jumlah pengidap diabetes di Indonesia menurut data WHO pada tahun 2009 mencapai 8 juta jiwa dan diprediksi akan meningkat menjadi lebih dari 21 juta jiwa pada tahun 2025. Itu yang membuat Indonesia menempati peringkat empat negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia. Survey terhadap pengidap diabetes di Jakarta menunjukkan bahwa 1 dari 8 orang mengidap diabetes. Baik pria maupun wanita, tua maupun muda, tinggal di kota maupun desa, memiliki risiko diabetes yang sama. Apa itu diabetes? Bagaimana gejala diabetes? Apa bahaya diabetes sehingga sering dijuluki “Sillent Killer” atau “Pembunuh yang Senyap”? Dapatkah diabetes disembuhkan? dan bagimana cara pencegahan serta pengobatannya.

Penyakit Diabetes merupakan penyakit yang cukup sulit untuk mengenali gejalanya. Gejala awal Diabetes yang biasanya terjadi tidak terlihat. Hal ini membuat para penderita tidak banyak melakukan perawatan medis sehingga banyak penderita diabetes yang terlambat diobati.
Penting bagi semua orang untuk tahu gejala awal diabetes, baik untuk yang berisiko maupun yang dalam keadaan sehat saja. Usia muda maupun tua dapat mengalami penyakit ini. Apalagi dengan banyaknya terlihat penderita Penyakit Diabetes dalam umur yang masih muda. Dibawah ini adalah 10 gejala diabetes yang harus anda perhatikan.
1.        Berat Badan Turun Tanpa Sebab
Berat badan yang turun tanpa alasan tidak dengan pengaturan pola makan, baru sembuh dari sakit atau melakukan kegiatan yang banyak dapat menjadi gejala diabetes tipe 1. Ketika seseorang sudah terkena diabetes, tubuh tidak akan memakai glukosa dengan baik, dan lemak akan berubah menjadi energi. Hal itulah yang membuat seseorang kehilangan berat badan.
2.        Buang Air Kecil Lebih Sering
Diabetes dapat membuat penderitanya sering buang air kecil dan tidak teratur. Hal ini disebut juga sebagai poliuria.
3.        Sering Haus
Anda akan merasa haus walau tidak banyak melakukan kegiatan yang berat. Ini terjadi karena tubuh kehilangan kandungan air akibat poliuria tadi.
4.        Penglihatan Semakin Lemah
Tingkat penglihatan Anda akan mulai tidak jelas. Hal ini karena adanya tingkatan pada glukosa semakin bertambah. Glukosa tersebut akan banyak di sekitar lensa mata, dan membuat mata Anda sering tidak fokus.
5.        Perubahan Warna Kulit
Bintik-bintik hitam akan terlihat dalam kulit anda. Biasanya akan terlihat di bagian leher dan menjadi salah satu gejala awal diabetes. Tubuh menghasilkan insulin dan meningkatkan banyak pigmen, sehingga beberapa bagian kulit menjadi lebih gelap.
6.        Mudah Lelah
Anda lebih gampang kelelahan walau tanpa banyak aktifitas. Waspadai gejala ini karena ini merupakan gejala diabetes.
7.        Sering Merasa Lapar
Kadar insulin dapat menambah lapar walau sudah makan lebih banyak dari biasanya. Dorongan rasa lapar ini akan semakin menambah nafsu makan dan dinamakan dengan polifagia.
8.        Butuh Waktu Lama Luka untuk Sembuh
Jika anda mempunyai luka yang sulit sembuh kemungkinan anda adalah penderita Diabetes dan gejala yang harus diwaspadai.
9.        Sering Mengalami Infeksi Vagina dan Saluran Kemih
Seringnya mengalami peningkatan glukosa yang berlebihan, dan anda lebih sering mengalami infeksi khususnya pada vagina dan saluran kandung kemih, bisa jadi ini adalah gejala diabetes.
10.    Kaki Mati Rasa Saat Ditusuk Jarum
Indikasi lain diabetes seperti adanya penurunan fungsi saraf yang membuat anda tidak sakit saat tertusuk jarum atau sering kesemutan. Waspada gejala ini, karena mungkin anda menderita penyakit Diabetes.

Cara Pencegahannya
Diabetes adalah penyakit serius yang kasusnya meroket dalam beberapa tahun terakhir. Jutaan orang di dunia didiagnosis terjangkit diabetes karena gaya hidup tidak sehat dan kurang berolahraga. Sebelum terlambat, berikut adalah 10 cara mencegah diabetes, seperti dilansir Times of India.
1.      Tahu apa itu diabetes
Sebelum memulai tindakan pencegahan terhadap diabetes, sangat penting untuk mengetahui apa sebenarnya diabetes itu. Setelah Anda akrab dengan penyakit ini, Anda dapat memulai terapi pencegahan Anda dengan mudah.
2.      Mengurangi porsi makan
Mengurangi porsi makan setiap hari bisa menjadi cara terbaik untuk menghindari diabetes. 
3.      Olahraga
Berolahraga setiap hari membantu menjaga berat badan yang sehat, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas Anda terhadap insulin. Jadi, berolahragalah setiap hari selama minimal 30 menit untuk menjaga tingkat gula darah dalam rentang normal.
4.      Menurunkan berat badan
Berat badan berlebih dapat menjadi memperbesar risiko seseorang terkena diabetes. Jadi, pastikan bahwa Anda dapat menurunkan berat badan dan menjaganya tetap normal.
5.      Sarapan sangat penting
Tidak peduli seberapa bencinya Anda pada sarapan, sangat penting untuk sarapan setiap hari. Hal itu membantu mengurangi risiko terkena diabetes. Makan sarapan yang sehat tidak hanya membantu mengontrol nafsu makan, tetapi juga membantu mengontrol konsumsi kalori.
6.      Hindari makanan berlemak
Junk food dan makanan yang biasa Anda beli di jalan umumnya tinggi lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Ini pada gilirannya juga dapat mempengaruhi tingkat gula darah dalam tubuh. Jadi, hindari junk food dan makanan berlemak lainnya.
7.      Hindari minuman manis
Soda, minuman ringan atau berperasa dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Semua minuman berpemanis merupakan sumber gula yang tak terlihat, yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.
8.      Makan banyak sayuran
Daging memang lezat, namun Anda tidak harus memakannya setiap hari, karena dapat menimbulkan risiko diabetes. Dengan demikian, perbanyak konsumsi sayuran setiap hari. Mereka akan membantu Anda mencegah diabetes.
9.      Hindari stres
Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Jadi, kurangi tingkat stres dengan berlatih yoga, meditasi atau latihan pernapasan.
10.  Tidur nyenyak
Mendapatkan setidaknya enam jam tidur di malam hari sangat penting untuk mencegah diabetes. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat meningkatkan tingkat insulin dan menyebabkan ketidakseimbangan gula darah. Selain itu, tidur yang tidak nyenyak juga bisa membuat nafsu makan menggila.
Cara mengobati diabetes secara alami
Dengan
1.      Rimpang kunyit
Cara mengobati penyakit diabetes yang pertama dapat anda lakukan dengan rimpang kunyit. Dalam rimpang kunyit memang mengandung beberapa zat yang dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, kurkumin dalam kunyit ini pun dapat meningkatkan nafsu makan anda. Cara mengolah rimpang kunyit dalam pengobatan diabetes dapat anda lakukan dengan merebus 3 rimpang kunyit dengan ½ sendok makan garam dalam 1 liter air. Tunggu hingga mendidih kemudian saring. Minum sari rimpang kunyit tersebut minimal 2 kali dalam seminggu.
2.      Bawang putih
Bahan kedua yang dapat digunakan dalam cara mengobati penyakit diabetes adalah bawang putih. Bawang putih memang sudah terbukti khasiatnya dalam memperbaiki sel-sel pankreas dan juga merangsang produksi insulin dalam tubuh. Namun, sayangnya masyarakat sampai saat ini masih belum menyadari mengenai manfaat bawang putih ini.
3.      Lidah buaya
Lidah buaya memang tanaman dengan berbagai khasiat bagi kesehatan. Lidah buaya dapat membantu anda mengatasi jerawat, menghilangkan bekas jerawat dan untuk kali ini, lidah buaya dapat digunakan dalam cara mengobati penyakit diabetes. Lendir yang terdapat pada daun lidah buaya ternyata dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan dan oleh karena itu tak heran jika banyak orang yang kemudian membudidayakan tanaman ini sebagai salah satu tanaman obat.
4.      Buncis
Sayur buncis yang rasanya enak ini ternyata bisa menurunkan kadar gula dalam darah hingga batas normal karena zat-zat yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan produksi insulin. Insulin adalah suatu hormon yang dihasilkan secara alamiah oleh tubuh kita dari organ tubuh yang dinamakan pankreas   yang fungsinya menurunkan kadar gula dalam darah, sebaiknya sering-seringlah mengkonsumsi buncis.
5.      Mengkudu Khasiat mengkudu  dapat memperbaiki reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik caranya ambil 2 buah mengkudu yang sudah matang lalu parut dan peras dengan kain yang bersih dan minumlah sarinya.
6.      Pare
Pare ini berkhasiat untuk memperbaiki sel beta pankreas caranya 200 g pare lalu kita jus dan minum airnya jangan terlalu sering meminumnya karena kalau terlalu sering minum jus pare bisa menyebabkan diare.
7.      Brotowali
Brotowali berkhasiat menghilangkan rasa sakit dan dapat menurunkan panas caranya ambil 6 cm batang brotowali dan akarnya cuci bersih potong dan rebus dengan air 3 gelas menjadi 2 gelas dan minumlah setelah makan bisa diminum setiap hari kalau masih merasakan sakit dan panasnya belun turun.
8.      Ginseng Ginseng ini sudah terkenal dapat meningkatkan stamina khasiat lainnya juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah.
9.      Kayu manis Kayu manis selain sebagai bumbu dapur berkhasiat menghambat radikal bebas yang dapat berbahaya bagi ketahanan tubuh usahakan sering menambahkan kayu manis dalam masakan kita sehari-hari.

Mudah-mudahan info ini bisa bermanfaat  menyembuhkan penyakit diabetes yang mungkin tak kunjung sembuh dengan obat kimia yang penting kita telaten mengkonsumsinya.

SEMOGA LEKAS SEMBUH!!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar