Kamis

Daun Sirih




Pada zaman kerajaan sirih merupakan barang berharga berkenaan dengan harga diri. 
Sirih pada zaman itu merupakan lambang persaudaraan atau persahabatan. 
ini dilakukan pada saat-saat para pembesar menerima tamu dari kerajaan lain atau para petinggi negara. Pada penyambutan tamu sirih ini diserahkan kepada tamu oleh penari kerajaan, tarian yang diiringi musik tradisional (di Lampung tari ini disebut Tari Sembah).
Pada dasarnya tanaman sirih sudah sangat dikenal oleh masyarakat di Indonesia dan cara memanfaatkan daun sirih ini juga berbagai macam cara dan kegunaannya.

Sirih merupakan salah satu jenis tanaman asli Indonesia, bentuk pohonnya menjalas dan biasanya menumpang pada pohon lain, seperti rambutan, nangka atau tubuhan besar lainnya. Sirih termasuk keluarga dari (Piperaceae).












Daun sirih, mungkin sudah sering kita mendengar dengan namanya daun sirih, jenis tanaman yang hidupnya menjalar dengan ciri khas rasa yang lumayan pahit ini ternyata memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan kita, karena jenis tanaman ini mampu mengobati berbagia macam penyakit yang kita derita. Khasiat daun sirih juga bermacam-macam, dan bisa kita peroleh khasiat daun sirih bila kita mengkonsumsi daun sirih dengan cara yang benar, dan berikut ini adalah beberapa khasiat daun sirih serta bagai mana cara mengolahnya.

Obat batuk
Ambil daun sirih yang tidak terlalu tua dan muda, yang sedang sedang saja sebanyak sepuluh lembar
Setelah itu daun sirih tersebut kita cuci bersih
Daun sirih yang sudah kita cuci tersebut, kita rendam dialkohol 70% kurang lebih selama 30 Menit, tujuannya untuk membunuh kuman yang ada didaun sirih
Setelah itu daun sirih tersebut kita rebus diair sebanyak 4 gelas sampai menjadi 1 gelas, dan jangan lupa kita campurkan gula pasir atau gula putih sebanyak 100 gram
Selah airnya berkurang menjadi 1 gelas kita biarkan sampai dingin, setelah itu kita masukkan kemedia penyimpanan, misalnya botol bekas aku yang bersih
Minum obat ramuan tadi kita minum 3 kali sehari, dan sekali minum 1 sendok makan

Obat Mata
Ambil beberapa lembar daun sirih yang masih segar
Cuci bersih daun sirih tersebut
Rendam daun sirih tersebut, diair dingin, dan jangan lupa diremas remas
Saring ambil airnya
Rambang mata kita diair daun sirih tersebut, (Rambang yaitu Mencelupkan mata kita diair daun sirih tersebut, sambil mata dibuka/ melihat didalam air dengan mata terbuka)
Lakukan dengan rutin.
Obat sakit jantung
Ambil beberapa daun sirih kurang lebihnya 3-5 lembar, sebaiknya daun yang bagus (tidak dimakan ulat)
Potong kecil-kecil daun sirih yang sudah kita ambil tadi
Setelah itu daun sirih yang sudah kita potong-potong kita rebus dengan air sebanyak 4 gelas
Rebus air yang bercampur dengan daun sirih tersebut sampai airnya menjadi dua gelas
Setelah itu kita kita saring, minum dua kali sehari selagi hangat. sekali minum 1 gelas, sebaiknya diminum sebelum makan

Penyakit asma
Ambil daun sirih 10 lembar
Lada putih 1 sendok teh
Tumbuh sampai halus kedua bahan ramuan tersebut, kemudian tambahkan dengan ½ sendok teh minyak kayu putih
Jika penyakit asma datang menyerang lumaskan minyak ramuan tersebut kedada dan leher anda.

Manfaat Lain Daun sirih adalah :
Dengan Air rebusan Daun Sirih dapat digunakan untuk membersihkan mata
Daun sirih Juga Dapat menghilangkan bau ketiak
Bisa untuk mengobati gigi dan gusi bengkak. Caranya mudah, kunyah daun Sirih Hijau secukupnya. Atau berkumur dengan rebusan daun sirih ini. Sakit gigi dan gusi bengkak, berangsur-angsur akan hilang.
Daun Sirih Hijau, dipercaya bisa untuk mengobati keputihan. Rebus daunnya dengan porsi secukupnya. Bisa diminum, disamping itu airnya untuk membasuh vagina.
Bagi mereka yang terkena sariawan, daun Sirih Hijau, bisa dijadikan solusi yang baik. Kunyah daunnya atau kumur dengan rebusannya.
Bila secara rutin berkumur dengan rebusan Sirih Hijau, bau mulut tidak sedap pun akan hilang.
Mampu mengobati luka bakar. Caranya ambil daun Sirih Hijau, panaskan supaya layu, lalu tempelkan pada luka bakar.
Bila hidung keluar darah terus (mimisan), gulungan daun Sirih Hijau yang disumpalkan di hidung, bisa membuat darah yang keluar pun terhenti. Jadi bisa dijadikan obat mimisan.
Menghilangkan gatal-gatal di kulit. Caranya balurkan tumbukan daun Sirih Hijau, ke bagian tubuh yang gatal-gatal, niscaya gatalnya jadi reda atau bahkan hilang sama sekali.
Daun Sirih Hijau juga bisa untuk mengobati eksim, atau penyakit kulit lainnya.
Tanaman Sirih Hijau, ternyata bisa mengusir semut, nyamuk, lalat dan serangga lain. Di sekitar lokasi tanaman ini, semut dan serangga akan menyingkir.
Cairan daun Sirih Hijau, bisa untuk obat semprot hama dan tidak mematikan tanaman. Penyakit dan kutu yang menyerang tanaman bisa sirna.
Sirih Hijau, daunnya juga dipercaya bisa untuk mengobati demam berdarah. Minum rebusan daunnya, bisa mematikan kuman penyebab demam berdarah. Atau oleskan gilingan daun Sirih Hijau ke tubuh, dibalurkan, nyamuk penyebab demam berdarah tidak berani menggigitnya.
Meminum air rebusan bisa memperlancar haid yang tidak teratur
Daun sirih mampu untuk mengobati Asma
Daun sirih Mampu Mengobati radang tenggorokan

Semoga artikel membawa manfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar